Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya, Boleh dicoba!!

Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Perlu dicoba!! – Jerawat di dagu dan rahang tidak bisa hilang meskipun sudah diobati dan rajin membersihkan wajah? Ada beberapa dugaan penyebabnya tidak hanya karena faktor luar, tapi juga bisa dari dalam tubuh.

Faktor Penyebab jerawat di dagu pada umumnya dikarenakan stres dan pola makan yang tidak sehat. Ketika stres, tubuh anda banyak mengeluarkan hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak ini akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Baca : Cara Mengempeskan Jerawat dalam 1 malam

Orang yang sering mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat.

penyebab jerawat di dagu

Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Untuk menghilangkan atau menghindari datangnya jerawat dagu, Anda harus tahu terlebih dahulu faktor-faktor penyebab jerawat di dagu.

Gaya hidup yang Dijalani

Satu hal yang bisa menjadi faktor penyebab jerawat adalah gaya hidup Anda. Terapkan gaya hidup berikut ini agar jerawat Anda tidak berani muncul lagi.

Jangan malas mandi. Kebiasaan malas mandi menjadi salah satu penyebab penumpukan kotoran, minyak, dan make up yang bergabung bersama keringat dan menyumbat pori-pori wajah. Segera mandi setelah beraktivitas dan biasakan untuk rutin membersihkan diri dan wajah.

Make up. Pilihlah make up yang berlabel nonacnegenic atau noncomedogenic. Hindari make up yang mengandung banyak minyak karena berisiko menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat.

Asupan makanan. Kurangi konsumsi produk yang menggunakan gula olahan. Berbagai penelitian juga menganjurkan Anda mengurangi diet tinggi karbohidrat atau produk olahan susu. Produk-produk ini berpotensi meningkatkan risiko jerawat, termasuk di dagu. Sebagai salah satu usaha untuk mengurangi jerawat, konsumsilah makanan yang lebih sehat.

Hindari kebiasaan merokok. Kebiasaan ini juga wajib dihindari apabila Anda ingin mengurangi jerawat. Bukan hanya jerawat, merokok pun erat kaitannya dengan risiko datangnya penyakit lain.

Baca juga : Cara Mengempeskan Jerawat Baru

Penyebab medis di Balik Jerawat

Jika Anda merasa bahwa gaya hidup bukan faktor pemicu tumbuhnya jerawat. termasuk di dagu, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli. Mungkin Anda mengalami kondisi lain yang lebih serius, antara lain:

Ketidakseimbangan hormon. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti tes darah untuk mengetahui adanya ketidaknormalan pada kadar hormon. Jika terbukti bahwa jerawat Anda bersifat hormonal, dokter akan memberikan obat untuk menyeimbangkan hormon.

Sindrom ovarium polikistik. Jerawat yang tumbuh banyak, termasuk di dagu, berkemungkinan sebagai pertanda bahwa Anda mengidap sindrom ovarium polikistik. Pada kondisi ini, jerawat terjadi karena adanya peningkatan hormon testosteron. Sebagai langkah penanganan, dokter spesialis kandungan dapat memberikan obat-obatan ataupun penanganan lainnya untuk meredakan gejala.

Jerawat Disebabkan oleh Pakaian Sehari-hari

Tanpa disadari, pakaian-pakaian Anda mungkin menjadi salah satu faktor penyebab jerawat di dagu. Selain pakaian, periksa juga hal-hal yang berkaitan dengan pakaian.

Perhatikan helm. Helm yang kotor juga bisa menjadi faktor penyebab jerawat di dagu. Oleh karena itu, cucilah helm secara teratur agar tetap terjaga kebersihannya.

Lihat Cara Mengatasi Jerawat di Dagu dibawah ini :

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab mengapa jerawat dapat timbul di dagu, maka sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai macam cara mengatasi jerawat di dagu. Nah, berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

  1. Gunakan Masker Bawang Putih. Bawang putih memiliki senyawa sulfur yang akan mengeringkan dan mengempeskan jerawat dengan cepat. Nah, cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangat mudah, anda dapat menumbuk halus bawang, kemudian campurkan dengan air, kemudian oleskan bawang putih yang ditumbuk halus tadi ke area dagu anda yang terdapat di kulit anda. Setelah 20 menit, maka anda dapat mencuci kulit anda.
  2. Gunakan Masker Lemon. Manfaat lemon untuk jerawat adalah buah ini merupakan bleaching agent yang dapat mengempeskan jerawat dengan cepat, sehingga jerawta di dagu akan cepat menghilang. Nah, peras air lemon dan campurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan air perasan lemon dan air ke dagu anda yang terkena jerawat. Setelah 20 menit, cuci dengan menggunakan air bersih.
  3. Gunakan Masker Timun. Manfaat timun bagi jerawat sangat banyak karena timun merupakan bahan alami yang mengandung Vitamin E yang tinggi. Nah, Vitamin E merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mengobati jerawat karena kandungan antioksidannya yang akan menangkal radikal bebas. Iris timun tipis-tipis, kemudian tempelkan irisan timun ke area dagu yang terdapa jerawat. Segera angkat timun setelah 20 menit dan cuci kulit anda dengan bersih.
  4. Gunakan Antibiotik Oral. Abtibiotik oral akan sangat bermanfaat untuk membunuh segala bakteri penyebab jerawat yang menempel di dagu anda. Namun, untuk mendapatkan obat antibiotik oral, ada baiknya anda meminta resep dokter dahulu dan perhatikan dosis yang diberikan dokter agar anda tidak mengalami bahaya antibiotik jerawat.
  5. Gunakan Retinoid Topikal. Cara yang juga akan sangat ampuh untuk mengobati jerawat di dagu adalah dengan membeli obat jerawat batu yang ada di apotik, yaitu retinoid topikal. Hal ini karena obat retinoid memiliki kandungan Vitamin A yang akan menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, bakteri, kotoran yangmenyumbat pori-pori serta akan mendukung kinerja dari antibiotik oral yang anda konsumsi.
  6. Gunakan Spironolactone. Spiranolactone merupakan obat yang biasanya digunakan sebagai obat untuk tekanan darah tinggi atau biasanya digunakan sebagai penghambat hormon. Obat ini akan menekan produksi sebum di kulit anda sehingga meminimalkan resiko jerawat karena minyak berlebih. Selain itu, obat ini akan sangat mujarab sebagai cara mencegah jerawat saat menstruasi.

 

Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres. Untuk mengurangi stres, ada teknik pernapasan yang perlu dilakukan dan caranya pun cukup mudah.

“Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan cara Anda bernapas bisa menurunkan kecemasan dan detak jantung,” ujar Amy, seperti dikutip dari Women’s Health.

Baca juga : Obat Jerawat di Apotik

Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di sekitar dagu dan rahang yang tak kunjung hilang. Coba perhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika banyak memakan gula dan karbohidrat putih, maka besar kemungkinan itulah faktor penyebab wajah Anda berjerawat.

Makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak dapat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Keadaan ini yang memperparah kondisi jerawat.

Tags: bekas jerawat jerawat

Related Post "Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya, Boleh dicoba!!"

Cara Mengatasi Mata Panda Bengkak
Cara Mengatasi Mata Panda Bengkak - Punya
Tips Menghilangkan Mata Panda dan Mata Panda
Tips Menghilangkan Mata Panda dan Mata Panda
Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Sendok
Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Sendok -
Cara Menghilangkan Mata Panda yang Besar Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Mata Panda yang Besar Dengan